Pengaruh Model Problem based Learning Berbasis Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu
Main Authors: | Putriyanti, Putriyanti, Supriyatman, Supriyatman, Wahyono, Unggul |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Kreatif Online
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/16282 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/16282/11763 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the equivalent pretest-posttes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validasi ahli dan validasi item tes. Rata-rata tes akhir yang mengikuti model pembelajaran problem based learning adalah 16,43 dengan standar deviasi 3,05 dan rata-rata yang mengikuti model konvensional adalah 14,97 dengan standar deviasi 3,09. Hasil perhitungan statistik dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan harga thitung sebesar 1,82 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk = 58 adalah 1,67. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbasis metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu.