Penerapan Model Problem Based Learning nntuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn Topik Nilai-nilai Pancasila dalam Kerangka Praktek Penyelenggara Pemerintah Negara pada Siswa Kelas X AK 1 SMKN 2 Palu Tahun Pelajaran 201

Main Author: Nani, Djalal
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Kreatif Online , 2020
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/16156
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/16156/11757
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan topik nilai-nilai pancasila dalam kerangka praktek penyelenggara pemerintah Negara pada siswa kelas X AK 1 SMKN 2 Palu Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMKN 2 Palu yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukan dengan terjadi kenaikan keaktifan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 57,40% dan meningkat pada pertemuan 2 sebesar 62,05%. Pada siklus II pertemuan 1 72,03% kemudian meningkat pada pertemuan ke 2 sebesar 78,90%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I meningkat pada siklus II yaitu dari 60% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami kenaikan, pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 60% kemudian meningkat pada siklus II yaitu sebesar 83%.