Bauran Pemasaran Dan Kinerja Penjualan Pada Usaha Kecil

Main Author: Hadiyati, Ernani
Format: Article info eJournal
Terbitan: Fakultas Ekonomi Universitas Wisnuwardhana , 2017
Online Access: http://arthavidya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/arthavidya/article/view/48
Daftar Isi:
  • Strategi bauran pemasaran yang efektif dan seoptimal mungkindiharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen potensial bahkan dapatmempertahankan pelanggan sehingga peningkatan volume penjualan dapattercapai.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel-variabelbauran pemasaran yang meliputi produk, harga, saluran distribusi dan promosiberpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja penjualan.Untukmenganalisis diantara variabel-variabel bauran pemasaran manakah yangberpengaruh paling besar terhadap kinerja penjualan.Lokasi penelitian dipasar buku Wilis jalan Wilis Kota Malang. Populasi berjumlah 59 unit usahabuku dan jumlah tersebut akan digunakan sebagai responden penelitian. Ujiinstrumen penelitian dengan uji validitas dan reliabilitas. Untuk mengujihipotesa dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, denganprogram SPSS.. Hasil penelitian bahwa bauran pemasaran yang meliputivariabel produk, variabel harga, variabel saluran distribusi, variabel promosisecara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja penjualanpada pedagang buku di pasar buku Wilis Kota Malang.Produk mempunyaipengaruh paling besar terhadap kinerja penjualan pada pedagang buku dipasar buku Wilis Kota Malang. Implikasi hasil penelitian: pertama, untukpengusaha bahwa pegusaha harus memperhatikan bauran pemasaran meliputiproduk, harga, saluran distribusi dan promosi dalam memasarkan buku-buku.Produk buku yang dijual harus disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhankonsumen karena merupakan variabel yang berpengaruh paling besar terhadapkinerja penjualan. Kedua, untuk pemerintah pusat dan daerah dapat digunakanpertimbangan dalam mempertimbangkan kebijakan sehubungan denganprogram pengembangan usaha kecil.Kata Kunci : Bauran pemasaran, produk, harga, saluran distribusi, promosi,kinerja penjualan dan Usaha Kecil.