Model Pembelajaran Kooperatif Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 10 Palu

Main Author: Nurhidayah, Erni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/922/1/ERNI.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/922/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif script dimana peserta didik dibentuk dalam kelompok secara berpasangan membuat peserta didik lebih bersemangat, termotifasi dan lebih aktif dalam pembelajaran. Melalui pembelajaran kooperatif script hasil belajar peserta didik meningkat. Dimana sebelum diterapkan model pembelajran ini rata-rata peserta didik memperoleh nilai standar, setelah diterapkannya model ini, nilai peserta didik mengalami peningkatan. Adapun kendala yang dihadapi guru saat menerapkan model pembelajaran ini antara lain: 1). Keterbatasan alikasi waktu; 2). Kemampuan peserta didik yang terbatas; 3). Kelas menjadi sedikit ribut sehingga mengganggu kelas lain. Berdasarkan kendala yang ada, solusi yang dilakukan yaitu: 1). Guru membuat ringkasan; 2). Guru memberkan perhatian khusus pada peserta didik yang memerlukan; 3). Melakukan pembelajaran di luar kelas