Bentuk Kerjasama Guru Pai Dengan Orang Tua Peserta Didik Dalam Pembinaan Shalat Lima Waktu (Studi Pada SD Alkhairaat 1 Palu)

Main Author: Haryanti, Piping
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/881/1/SKRIPSI%20PIPING%20HARYANTI.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/881/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kerjasama guru PAI dengan orang tua peserta didik dalam pembinaan shalat lima waktu (studi pada SD Alkhairaat 1 Palu) yaitu 1)bentuk komunikasi yang dilakukan guru PAI dan orang tua peserta didik, 2)bentuk lembar daftar kontrol shalat peserta didik, 3)bentuk kegiatan yang melibatkan guru di sekolah dan orang tua peserta didik di rumah. Pembinaan shalat lima waktu yang dilakukan guru PAI di sekolah di antaranya adalah mengajarkan materi shalat dan praktek sesuai jenjang kelasnya, shalat dzuhur berjamaah di sekolah setiap hari senin sampai kamis, terkhusus kelas atas yaitu kelas empat, lima dan enam (sebelum adanya pandemi). Pembinaan shalat lima waktu yang dilakukan orang tua peserta didik di rumah di antarnya adalah selalu mengontrol shalat anaknya dengan cara memberi tahu dan mengingatkan kepada anaknya, memberikan contoh teladan bagi anaknya, pendidikan keagamaan, membiasakan anak-anak untuk mencintai sesuatu hal yang baik, pertama diajarkan itu ditimbulkan rasa cinta atau muhabbah kepada Allah Swt.