Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu

Main Author: Hunalo, Sarah Nasuwati Is.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/1/Sarah%20Nasuwati%20Ismail%20Hunalo.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/
ctrlnum 865
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/</relation><title>Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu</title><creator>Hunalo, Sarah Nasuwati Is.</creator><subject>Pendidikan Islam</subject><description>Hasil penulisan skripsi ini menunjukan bahwa pertama: jenis-jenis perilaku bullying yang terjadi di SMK Muhammadiyan 1 Palu yaitu perilaku bullying secara fisik dan non-fisik, diantaranya secara fisik yaitu memukul, menampar, menendang. sedangkan bullying secara non-fisik yaitu mengejek, mengancam, menuduh orang lain melakukan hal yang tidak mereka lakukan. Yang kedua: upaya guru pendidikan agama Islam dalam pencegahan perilaku bullying di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu antara lain dengan diadakannya kegiatan wajib dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan wajib yang dilakukan antara lain yaitu Ngaji Morning, Wajib Dhuha dan Kajian rutin setiap hari Jum&#x2019;at bagi peserta didik wanita. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler antara lain Hizbul Wathan/Pramuka, Tapak Suci, Futsal, Paskibraka, Olimpiade Sains dan kegiatan positif lainnya.kemudian pemberian materi khusus tentang bullying. Dan yang ketiga: hambatan yang di hadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan upaya pencegahan perilaku bullying adalah kurangnya pemahaman peserta didik tentang pengetahuan beragama dan kurangnya perhatian beberapa peserta didik terhadap nasehat yang diberikan guru kepada mereka. Selain itu lingkungan pertemanan yang kurang baik, latar belakang keluarga yang kurang memberikan pemahaman beragama dan kurangnya perhatian terhadap diri peserta didik juga menjadi faktor penghambat untuk melakukan pencegahan perilaku bullying. kemudian solusi yang dilakukan dengan cara pelaku bullying membuat surat pernyataan dan mendamaikan peserta didik yang menjadi pelaku dan korban bullying.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/1/Sarah%20Nasuwati%20Ismail%20Hunalo.pdf</identifier><identifier> Hunalo, Sarah Nasuwati Is. (2018) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu. Other thesis, IAIN Palu. </identifier><recordID>865</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hunalo, Sarah Nasuwati Is.
title Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu
publishDate 2018
topic Pendidikan Islam
url http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/1/Sarah%20Nasuwati%20Ismail%20Hunalo.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/
contents Hasil penulisan skripsi ini menunjukan bahwa pertama: jenis-jenis perilaku bullying yang terjadi di SMK Muhammadiyan 1 Palu yaitu perilaku bullying secara fisik dan non-fisik, diantaranya secara fisik yaitu memukul, menampar, menendang. sedangkan bullying secara non-fisik yaitu mengejek, mengancam, menuduh orang lain melakukan hal yang tidak mereka lakukan. Yang kedua: upaya guru pendidikan agama Islam dalam pencegahan perilaku bullying di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu antara lain dengan diadakannya kegiatan wajib dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan wajib yang dilakukan antara lain yaitu Ngaji Morning, Wajib Dhuha dan Kajian rutin setiap hari Jum’at bagi peserta didik wanita. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler antara lain Hizbul Wathan/Pramuka, Tapak Suci, Futsal, Paskibraka, Olimpiade Sains dan kegiatan positif lainnya.kemudian pemberian materi khusus tentang bullying. Dan yang ketiga: hambatan yang di hadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan upaya pencegahan perilaku bullying adalah kurangnya pemahaman peserta didik tentang pengetahuan beragama dan kurangnya perhatian beberapa peserta didik terhadap nasehat yang diberikan guru kepada mereka. Selain itu lingkungan pertemanan yang kurang baik, latar belakang keluarga yang kurang memberikan pemahaman beragama dan kurangnya perhatian terhadap diri peserta didik juga menjadi faktor penghambat untuk melakukan pencegahan perilaku bullying. kemudian solusi yang dilakukan dengan cara pelaku bullying membuat surat pernyataan dan mendamaikan peserta didik yang menjadi pelaku dan korban bullying.
id IOS16658.865
institution Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu
institution_id 477
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu
library_id 82
collection Repository Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu
repository_id 16658
subject_area Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islam and Economics/Islam dan Ilmu Ekonomi
Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran dalam Islam
city KOTA PALU
province SULAWESI TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS16658
first_indexed 2022-02-14T07:11:28Z
last_indexed 2022-02-14T07:11:28Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1740284183785242624
score 17.538404