Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu
Main Author: | Hunalo, Sarah Nasuwati Is. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/1/Sarah%20Nasuwati%20Ismail%20Hunalo.pdf http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/ |
ctrlnum |
865 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/</relation><title>Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu</title><creator>Hunalo, Sarah Nasuwati Is.</creator><subject>Pendidikan Islam</subject><description>Hasil penulisan skripsi ini menunjukan bahwa pertama: jenis-jenis perilaku bullying yang terjadi di SMK Muhammadiyan 1 Palu yaitu perilaku bullying secara fisik dan non-fisik, diantaranya secara fisik yaitu memukul, menampar, menendang. sedangkan bullying secara non-fisik yaitu mengejek, mengancam, menuduh orang lain melakukan hal yang tidak mereka lakukan. Yang kedua: upaya guru pendidikan agama Islam dalam pencegahan perilaku bullying di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu antara lain dengan diadakannya kegiatan wajib dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan wajib yang dilakukan antara lain yaitu Ngaji Morning, Wajib Dhuha dan Kajian rutin setiap hari Jum’at bagi peserta didik wanita. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler antara lain Hizbul Wathan/Pramuka, Tapak Suci, Futsal, Paskibraka, Olimpiade Sains dan kegiatan positif lainnya.kemudian pemberian materi khusus tentang bullying. Dan yang ketiga: hambatan yang di hadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan upaya pencegahan perilaku bullying adalah kurangnya pemahaman peserta didik tentang pengetahuan beragama dan kurangnya perhatian beberapa peserta didik terhadap nasehat yang diberikan guru kepada mereka. Selain itu lingkungan pertemanan yang kurang baik, latar belakang keluarga yang kurang memberikan pemahaman beragama dan kurangnya perhatian terhadap diri peserta didik juga menjadi faktor penghambat untuk melakukan pencegahan perilaku bullying. kemudian solusi yang dilakukan dengan cara pelaku bullying membuat surat pernyataan dan mendamaikan peserta didik yang menjadi pelaku dan korban bullying.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/1/Sarah%20Nasuwati%20Ismail%20Hunalo.pdf</identifier><identifier> Hunalo, Sarah Nasuwati Is. (2018) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu. Other thesis, IAIN Palu. </identifier><recordID>865</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hunalo, Sarah Nasuwati Is. |
title |
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu |
publishDate |
2018 |
topic |
Pendidikan Islam |
url |
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/1/Sarah%20Nasuwati%20Ismail%20Hunalo.pdf http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/865/ |
contents |
Hasil penulisan skripsi ini menunjukan bahwa pertama: jenis-jenis perilaku bullying yang terjadi di SMK Muhammadiyan 1 Palu yaitu perilaku bullying secara fisik dan non-fisik, diantaranya secara fisik yaitu memukul, menampar, menendang. sedangkan bullying secara non-fisik yaitu mengejek, mengancam, menuduh orang lain melakukan hal yang tidak mereka lakukan. Yang kedua: upaya guru pendidikan agama Islam dalam pencegahan perilaku bullying di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Palu antara lain dengan diadakannya kegiatan wajib dan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan wajib yang dilakukan antara lain yaitu Ngaji Morning, Wajib Dhuha dan Kajian rutin setiap hari Jum’at bagi peserta didik wanita. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler antara lain Hizbul Wathan/Pramuka, Tapak Suci, Futsal, Paskibraka, Olimpiade Sains dan kegiatan positif lainnya.kemudian pemberian materi khusus tentang bullying. Dan yang ketiga: hambatan yang di hadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan upaya pencegahan perilaku bullying adalah kurangnya pemahaman peserta didik tentang pengetahuan beragama dan kurangnya perhatian beberapa peserta didik terhadap nasehat yang diberikan guru kepada mereka. Selain itu lingkungan pertemanan yang kurang baik, latar belakang keluarga yang kurang memberikan pemahaman beragama dan kurangnya perhatian terhadap diri peserta didik juga menjadi faktor penghambat untuk melakukan pencegahan perilaku bullying. kemudian solusi yang dilakukan dengan cara pelaku bullying membuat surat pernyataan dan mendamaikan peserta didik yang menjadi pelaku dan korban bullying. |
id |
IOS16658.865 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu |
institution_id |
477 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu |
library_id |
82 |
collection |
Repository Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu |
repository_id |
16658 |
subject_area |
Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islam and Economics/Islam dan Ilmu Ekonomi Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran dalam Islam |
city |
KOTA PALU |
province |
SULAWESI TENGAH |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS16658 |
first_indexed |
2022-02-14T07:11:28Z |
last_indexed |
2022-02-14T07:11:28Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1740284183785242624 |
score |
17.538404 |