Penerapan Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi Pada Madrasah Aliyah Nahdlatul Khairaat Labuan Kabupaten Donggala)

Main Author: Inayah, Rofiqa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/850/1/RAFIKA%20INAYAH.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/850/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pennerapan model pembelajaran PAIKEM dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nahdlatul Khairat Labuan oleh guru Aqidah Akhlak dilakukan melalui empat tahap 1.Tahap pendekatan pembelajaran, 2. Metode atau strategi yang digunakan, 3. Media pembelajaran, 4. Sistem evaluasi pembelajaran. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan sumber daya profesional guru, kesiapan peserta didik menerima pelajaran, pimpinan sekolah dan wali peserta didik, sarana prasarana. Adapun faktor penghambat di antaranya kurangnya pemahaman peserta didik tentang skenario pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis PAIKEM. Hal ini dikarenakan peserta didik belum terbiasa dengan penerapan berbagai model pembelajaran. Selain itu dalam pembelajaran PAIKEM peserta didik terlihat malu-malu dalam mengungkapkan gagasannya. Adapun solusi dalam menangani hambatan-hambatan tersebut yakni dengan mengadakan pendekatan dan menambah permainan atau solusi yang membuat peserta didik paham.