Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta Didik Terhadap Penguasaan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri Emea Kecamatan Witaponda Kabupaten Morowali

Main Author: Musdalia, Musdalia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/818/1/MUSDALIA.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/818/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kemampuan baca tulis Al-Qur‟an peserta didik terhadap penguasaan mata pelajaran PAI bernilai negatif. Dengan demikian tidak mengalami peningkatan sebesar -22,1%. Setelah melakukan Uji Regresi linear sederhana. Nilai didapat dari rumus Y = a+BX = 55,177 + (-0,221) X. Maka penguasaan mata pelajaran PAI akan bernilai sebesar 55,177. Adapun nilai koefisien regresi kemampuan baca tulis Al-Qur‟an peserta didik bernilai sebesar -0,221. Selain itu juga perbandingan anatara nilai t hitung dengan t tabel, dimana nilai t hitung yaitu -1,913 lebih kecil dibandingkan dari nilai t tabel, dimana nilai t tabel yaitu = 1,6715. Pada tingkat kepercayaan α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh kemampuan baca tulis Al-Qur‟an peserta didik terhadap penguasaan mata pelajaran pendidikan agama Islam.