Penerapan Metode Kooperatif Tipe Think Pair Square Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Alkhairaat Kalukubula Kab. Sigi

Main Author: Mubarak, Muhammad Rif’al
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/809/1/MUHAMMAD%20RIFAL%20MUBARAK.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/809/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe Think Pair Squeare dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Alkhairaat Kalukubula, dilakukan melalui lima tahapan yaitu: pertama, membagi kelompok sebanyak empat orang secara heterogen, artinya setiap kelompok ada peserta didik yang berkemampuan tinggi, sedang, dan kurang. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat saling membagi informasi atau pengetahuan. Kedua, peserta didik memikirkan dan mengerjakan tugas yang diberikan guru secara individu dalam kelompoknya (Fase Think). Ketiga, peserta didik berpasangan dengan teman yang telah ditentukan guru dalam kelompoknya untuk berdiskusi mengenai jawaban atas pertanyaan yang diberikan (Fase Pair). Keempat, kedua pasang peserta didik dalam kelompoknya mendiskusikan jawaban untuk menentukan kesepakatan jawaban kelompok, untuk selanjutnya dipresentasikan dalam diskusi kelas (Fase Square). Kelima, guru menilai secara individu dan kelompok. Kendala yang dihadapi adalah: kemampuan peserta didik yang terbatas, pembagian kelompok yang rumit dan menyita waktu. Sedangkan solusi yang dilakukan yaitu pertama, meningkatkan kemampuan peserta didik, melalui pemberian motivasi agar peserta didik mau belajar, begitu juga memberikan perhatian yang lebih kepada peserta didik yang memiliki kemampuan terbatas dan kedua memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang pentingnya sikap saling membantu, sebagaimana yang diperintahkan di dalam ajaran Islam.