Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 5 Palu

Main Author: Meliana, Meliana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/786/1/MELIANA%20%28151010048%29.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/786/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bernilai positif. Dengan nilai sebesar 11,2%. Setelah melakukan uji regresi linear sederhana nilai didapat dari rumus Y= a+bX = 75,645+ 0,112X maka prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam bernilai 75,645. Adapun nilai koefisien regresi minat belajar peserta didik bernilai sebesar 0,112. Selain itu juga perbandingan antara nilai thitung dengan nilai ttabel dimana nilai thitung yaitu 3,445 lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel 0,213. Dan nilai signifikan 0.001< 0,05. Jadi berdasarkan kesimpulan hipotesis Ha diterimah yang artinya ada pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 5 Palu.