Pengaruh Kerjasama Guru Dan Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Palu
Main Author: | Sari, Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/767/1/INDAH%20SARI.pdf http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/767/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). bentuk kerjasama guru dan orang tua antara lain Sekolah mengadakan kegiatan/program kerjasama antara guru dan orang tua dalam bentuk pertemuan di sekolah guna mengetahui perkembangan karakter anaknya, pihak sekolah atau guru menyurati orang tua tentang perilaku menyimpang peserta didik disekolah, dan mengadakan pertemuan atau rapat komite. Selanjutnya, guru membuat laporan berkala kepada orang tua mengenai pembentukan karakter peserta didik di sekolah, membuat perjanjian moral antara sekolah dan orang tua, mengadakan koordinasi antara sekolah dan rumah mengenai pengawasan dalam menggunakan media social serta Menjadikan orang tua sebagai mitra pendidikan guna mengetahui perkembangan karakter peserta didik di rumah. 2).pengaruh terlihat dari nilai t-tabel sebesar 1,992 artinya Nilai t hitung (2,573) t-tabel (1,992), maka ditolak dan diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara kerjasama orang tua dan guru (X) terhadap pembentukan karakter peserta didik (Y) di SMA Negeri 4 Palu. Dan koefisien determinasi penelitian ini menunjukkan kontribusi pengaruh variabel bebas kerjasama orang tua dan guru (X) terhadap variabel terikat pembentukan karakter peserta didik (Y) di SMA Negeri 4 Palu sebesar 32% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.