Peran Guru Dalam Manajemen Kelas Pada Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palu
Main Author: | Suarni, Suarni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/719/1/SUARNY.pdf http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/719/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam manajemen kelas yaitu usaha dari pihak guru dalam menata kehidupan di dalam kelas agar tercipta proses pembelajaran yang efektif dan efesien. Hambatan yang dihadapi oleh guru yaitu guru yang masih menggunakan satu metode yaitu metode ceramah tanpa menggabungkan metode lain contohnya seperti metode kolaboratif, kolaboratif adalah metode ini melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran di dalamnya peserta didik lebih percaya diri, berani dan mampu bekerja sama dalam mengemukakan argumen yang mereka dapatkan dalam proses pembelajaran, peserta didik yang tidak bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru, maupun keluarga yang tidak bekerja sama dengan guru. Solusinya guru harus lebih kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran, peserta didik diberikan nasehat dan motivasi, pihak keluarga dan pihak madrasah saling bekerja sama dalam membantu meningkatkan prestasi di madrasah.