Implementasi Metode Bil-Hikmah Dalam Pengenalan Baca Tulis Alquran Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Alkhairaat Pusat Palu

Main Author: Maghfirah, Maghfirah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/678/1/SKRIPSI%20MAGHFIRAH.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/678/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode Bil Hikmah di Taman Kanak-Kanak Alkhairaat Pusat Palu yaitu tahap persiapan guru menyiapkan RPPH terlebih dahulu, menyiapkan media dan alat peraga berupa kartu huruf hijaiyah, puzzle huruf hijaiyah dan platisin. Tahap kedua tahap pelaksanaan yaitu mengenalkan media dan alat peraga, memulai kegiatan pembelajaran. Tahap ketiga yaitu tahap evaluasi, dengan cara Tanya jawab, diskusi dan bernyanyi. Guru juga memberi reward (penghargaan) mereka tidak hanya menyediakan alat peraga dan media saja, tetapi harus juga membimbing anak didiknya dengan mengajarkan bagaimana meniru pola huruf hijayah, menyambung garis putus-putus, dan membentuk pola huruf hijaiyah dengan plastisin, serta guru membiasakan anak anak untuk mandiri dan bertanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran