Efektivitas Penerapan Metode Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Khairaat Wosu Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali
Main Author: | Nurhana, Nurhana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/648/1/NURHANA.pdf http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/648/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Penerapan Metode Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), sudah baik yaitu dengan penerapan metode iqra’ guru dapat mengajarkan peserta didik dengan membaca, menulis Al-Qur’an serta cara menyambungkan huruf-huruf hijaiyah 2. Efektivitas penerapan metode Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai peserta didik yaitu dengan beberapa kriteria penilaian dalam membaca Al- Qur’an dalam proses pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) yaitu: Makraj, fasih dan kelancaran.3. Adapun faktor penghambatnya adalah masih banyaknya peserta didik yang belum lancar membaca dan menulis Al-Quran disebabkan Kurang adanya kesadaran dari sebagian orang tua yang memperhatikan anaknya dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di rumah. Faktor pendukungnya adalah adanya minat dan motivasi dari peserta didik yang tinggi untuk mau belajar membaca dan menulis Al-Qur’an dan jumlah peserta didik yang banyak sehingga guru dengan mudah menerapkan metode dalam pembelajaran Baca Tulis Al- Qur’an (BTQ). Solusinya adalah kepala madrasah dan guru harus lebih aktif lagi untuk meningkatkan sistem pelaksanaan pembelajaran terutama dalam penerapan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.