Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palu

Main Author: Mumah, Nikma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/643/1/NIKMA%20MUMAH.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/643/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukan bahwa pada penerapan kurikulum 2013 terdapat tiga aspek dalam proses penerapan kurikulum tersebut, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dalam rencana tersebut terdiri dari beberapa tahap yakni kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Adapun kurikulum 2013 diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Palu sejak tahun 2016. Penerapan kurikulum 2013 di MIN 1 Kota Palu menggunakan pembelajaran tematik, dan pendekatan saintifik serta menggunakan penilaian autentik. Kurikulum 2013 memberikan kemudahan kepada guru dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan pendekatan saitifit yakni pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Selain itu, hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan kurikulum 2013 berdampak pada mata pelajaran matematika, hal dapat dilihat dari data hasil observasi yang dilakukan pada akhir pembelajaran kelas IV A MIN 1 Kota Palu pada tahun 2016 dan 2018.