Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Anak Usia Dini Melalui Bermain Drama Di Kelompok B Raudhatul Athfal Darma Wanita Persatuan STAIN Datokarama Palu

Main Author: Marie, Hamzia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/599/1/HAMZIA%20MARIE.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/599/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian pra tindakan, kemampuan berhitung awal aspek berhitung 1 sampai 10 kategori BSB 5%, BSH 15%, MB 15%, BB 65%. Pengelompokkan BSB 5%, BSH 10%, MB 20%, BB 65%. Aspek pengurutan BSB 0%, BSH 10%, MB 25%, BB 65%. Setelah dilaksanakan tindakan penelitian melalui kegiatan bermain drama di siklus I, kemampuan berhitung awal anak meningkat walaupun belum sesuai harapan. Dengan memperbaiki semua kelemahan di siklus I, tindakan dilanjutkan ke siklus II dan hasil pengamatan siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, aspek berhitung 1 sampai 10 kategori BSB 25%, BSH 35%, MB 35%, BB 5%. Aspek pengelompokkan BSB 20%, BSH 45%, MB 30%, BB 5%. Aspek pengurutan BSB 25%, BSH 35%, MB 35%, BB 5%. Peningkatan kemampuan berhitung awal anak dari siklus I ke siklus II, yaitu 10%, kategori BSB, BSH, dan MB. Sedangkan yang belum meningkat kemampuan berhitung awalnya 5% atau kategori BB.