Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Lere
Main Author: | Hasnia, Hasnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/573/1/HASNIA%20%28.pdf http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/573/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode card sort pada mata pelajaran akidah akhlak dapat memberikan perubahan dari hasil belajar peserta didik hal ini sesuai dengan langkah-langkah yang digunakan guru yaitu: guru terlebih dahulu membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, setelah itu guru menjelaskan prosedur dalam mencocokkan kartu, dengan aspek yang dinilai, kerjasama, teliti, dan kerapian. Setelah semua peserta didik mendapatkan kelompok, guru membagikan kartu yang sudah dipotong-potong kecil yang di dalamnya terdapat materi asmaul husna dan kalimat thayyibah yang sudah disiapkan guru untuk setiap kelompok. Guru meminta setiap kelompok maju ke depan untuk mencocokkan kartu secara bergiliran. Peserta didik mencocokkan kartu sesuai dengan kelompok masing-masing. Guru mengkordinir setiap kelompok dalam mencocokkan kartu. Setelah selesai guru meminta kepada setiap kelompok untuk mengamati hasil kerja mereka, baik dari ketepatannya, maupun kerapiannya. Guru mengumumkan kepada semua kelompok nilai yang diperoleh dari tiap kelompok. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik diakhir pembelajaran.