Upaya Pengembangan Lingkungan Belajar Bahasa Arab untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MAN 1 Palu
Main Author: | Fatimah, Gita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/469/1/GITA%20FATIMAH.pdf http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/469/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Pengembangan Lingkungan Belajar Bahasa Arab untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MAN I Palu adalah sebagai berikut: (1) Guru berupaya keras memprogramkan pembelajaran bahasa Arab secara kontinyu selama 24 jam sehari semalam dengan menerapkan berbagai kegiatan-kegiatan bahasa lingkungan bahasa Arab (biah lugah al-arabiyyah). Dengan pengembangan lingkungan bahasa Arab tentunya sangat mempengaruhi tingkat pemahaman bahasa Arab dan penguasaan maharah al-lugah peserta didik baik secara langsung maupun tidak langsung, dilihat dari keseharian peserta didik yang selalu berkomunikasi bahasa Arab dalam setiap aktivitas di lingkungan MAN 1 Palu. (2)faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi para guru bahasa arab terhadap pengembangan lingkungan bahasa Arab (1)Faktor Pendukung, (a) Apresiasi Pimpinan MAN 1 Palu (b)Partisipasi aktif dari peserta didik dan dewan guru yang ada di MAN 1 Palu (c) Diterapkannya disiplin berbahasa di lingkungan MAN 1 Palu (d) Guru memperlihatkan kecintaannya dengan bahasa arab kepada peserta didik. (2)Faktor Penghambat, (a) Rendahnya pemahaman dan kesadaran peserta didik tentang pengembangan lingkungan bahasa arab.(b)Kebijakan disiplin bahasa di lingkungan MAN 1 Palu belum optimal (c)Kurangnya fasilitas dan media pembelajaran bahasa Arab.