Pelaksaanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Palu

Main Author: Wirna, Wirna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/430/1/WIRNA.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/430/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Palu, sudah berjalan efektif dengan melalui tiga tahap yaitu tahap pertemuan awal guru mengadakan pertemuan secara pribadi dengan kepala sekolah untuk membicarakan masalah yang sedang dihadapinya, tahap observasi yaitu pemantauan dan pengamatan terhadap proses pembelajaran dan tahap pertemuan balikan yaitu mendiskusikan hasil observasi, serta pemberian kritik dan saran kepada guru. Dalam pelaksanaanya terdapat faktor pendukung yaitu adanya dukungan yang tinggi dari pihak pengelola sekolah, apresiasi yang tinggi diberikan dari Kepala Sekolah dan sikap antusias dari guru-guru SMP Negeri 22 Palu. Serta faktor penghambat yaitu, terkendalanya waktu pelaksanaan supervisi klinis, dan biasanya guru yang akan disupervisi merasa tegang sehingga harus ada persiapan yang baik agar nantinya mendapatkan hasil yang diharapkan.