Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajemen) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Al-Azhar Mandiri Palu

Main Author: Musfarida, Musfarida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/377/1/Musfarida.pdf
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/377/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Implementasi manajemen mutu terpadu (total quality manajemen) di SMA Al-Azhar Mandiri Palu sebagai berikut: adanya guru serumpun, kemudian mengembangkan keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (communication, collaborative, critical thinking and problem solving, creativity and innovation). Guru selalu mengikuti kegiatan pelatihan yang melibatkan guru dan berlokasi di SMA Al-Azhar Mandiri Palu (in house tranning), kelompok yang memiliki keahlian tertentu dan berkumpul untuk membahas masalah (workshop), kegiatan RPP scan (memindai) dan lain sebagainya. Adanya kelompok-kelompok bimbingan khusus untuk peserta didik yang akan mengikuti lomba dan peserta didik yang mengikuti bimbingan khusus tersebut mendapatkan pembelajaran atau tugas tambahan dari guru. Evaluasi berbentuk supervisi yang dilaksanakan satu semester tiga macam supervisi, selain itu diadakanya pertemuan bulanan. (2) Manajemen mutu terpadu berimplikasi pada peningkatan kinerja guru. Hal itu, dibuktikan sebagai berikut: Guru selalu memperhatikan administrasi kelas dan guru mampu menerapkan pembelajaran yang membuat peserta didik befikir kritis, kreatif, bekerjasama, komunikasi, dan berkarakter. Selain hal itu, guru mampu sebagai pengajar, pemimpin, dan contoh yang baik bagi peserta didik.