Penanaman Nilai-nilai Agama Islam pada Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 9 Palu Barat
Main Author: | Balobo, Gamaria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/271/1/GAMARIA%20BALOBO.pdf http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/271/ |
Daftar Isi:
- Dari hasil penelitian yang penulis peroleh di lapangan menunjukkan bahwa strategi yang digunaan adalah (a. Metode pembiasaan, untuk melatih peserta didik dalam melakukan suatu kegiatan yang akhirnya dapat membiasakan peserta didik sendiri. (b. Metode keteladanan, metode ini sangat panting bagi siapa saja. Keteladan yang dicontohkan guru pada peserta didik akan sangat berpengaruh dalam pergaulan baik di sekolah maupun di luar sekolah. (c.Hukuman, hukuman yang diterapkan bukan sifatnya memberi hukuman badan, namun lebih cenderung pada hukuman pendidikan dan spiritual. (d. Nasehat yang yang disampaikan pada peserta didik adalah tidak baik menyontek, belajar dengan giat, dan disiplin waktu. Sedangkan praktek yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai agama Islam pada peserta didik adalah dengan menerapkan (a. sikap rasa toleransi kepada sesama teman dan beragama, sifat toleransi akan menjunjung rasa persaudaraan. (b. Mengucapkan salam, yang merupakan kewajiban seorang guru kepada peserta didik, dan sebaliknya peserta didik mengucapkan salam setiap bertemu dengan guru. Dengan demikian peserta didik dapat terbiasa dengan sendirinya. (c. Shalat, adalah ibadah yang wajib bagi seorang muslim. Tentunya seorang guru wajib memberikan praktek shalat bagi peserta didik.