PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Main Author: | Fitriana, Fitriana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/270/1/FITRIANA.pdf http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/270/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penerapan pendekatan scientific dalam proses pembelajaran Matematika di MI Muhammadiyah Nunu yaitu menggali informasi melalui mengamati, bertanya, menalar, mencoba dan mengelolah data dan informasi kemudian menyimpulkan. Pertama dari guru yaitu dalam proses pembelajaran masih sering menggunakan metode ceramah sehingga dalam pembelajaran masih monoton dalam ruang kelas dan belum mampu memanejemenkan waktu yang telah diberikan, solusinya seorang guru harus menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran, sedangkan kendala dari peserta didik itu sendiri adalah kurangnya memahami materi yang diajarkan dan kurangnya peserta didik bertanya kepada guru sehingga hal ini yang menjadi hambatan dalam membantu, membina dan membimbing peserta didik tersebut melalui pendekatan scientific. Sedangkan solusi untuk pendidik sendiri adalah pengurangan butir soal agar peserta didik tidak terbebani dengan soal yang telah diberikan, selain itu pendidik juga harus mampu menciptakan ruang belajar yang menyenangkan dengan menggunakan metode seperti permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.