Manajemen Pelayanan Jama’ah Masjid Raudhatul Jannnah Di Kelurahan Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu
Main Author: | Mubin, Mubin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1070/1/SKRIPSI%20-%20MUBIN-%28144100027%29.pdf http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1070/ |
Daftar Isi:
- Dalam Penelitian ini peneulis menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan kajian yang dilakukan, penulis menemukan bahwa Manajemen Pelayanan yang dilakukan oleh pengurus masjid Raudhatul Jannah terhadap jama’ah di Kelurahan Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu adalah pengurus masjid memiliki upaya yang sangat baik dalam mengelola dan memperthatikan ketertiban masjid, mulai dari waktu sholat, adzan, kebersihan, kerapian, kesopanan, imam, serta didukung oleh sarana prasarananya mulai dari rumah ta’mir tempat wudhu, karpert alat-alat eletronik pendukung, serta dari segi arsitektur bangunan masjid yang unik serta dengan adanya program-program yang dilaksanakan. Berupa kegiatan tausiyah malam kamis, kajian kitab kuning, jamuan-jamuan makan bersama, dan dari segi pelatihan ceramah, barazanji, pembacaan do’a, hadroh. sehingga menyebabkan jama’ah tertarik. Adapun respons oleh jamaah kepada manajemen pelayanan masjid Raudhatul Jannah sangat baik.