Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Main Author: Aliputri, Dhestha Hazilla; Universitas Kristen Satya Wacana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Kanjuruhan Malang , 2018
Subjects:
IPS
Online Access: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2351
http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2351/1732
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan model Make A Match dengan media kartu bergambar. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD N Wulung 1 Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan dua siklus masing-masing yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen pada kondisi awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan ekonomi bagi siswa kelas IV SD N Wulung 1 Blora. Dalam kondisi awal hanya mencapai 51%, maka pada siklus pertama meningkat menjadi 90% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru sosial untuk mencoba menggunakan model Make A Match dengan media kartu gambar di kelas IV sampai meningkatkan hasil belajar siswa. The aim of this study is to describe learning using models Make A Match with pictures card media. Subject of this study is class of IV SD N Wulung 1 Blora. This study uses two each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques using studies documens. The results show that the use of pictures cards media can improve social learning outcomes about economy activities for students of class IV SD N Wulung 1 Blora. In the initial classical learning reaches only 51%, then on the first cycle increased to 90% Based on the results of this study,and on two cycle increased from 90% to 94% it is advisable for social teachers to try to use models Make A Match with pictures cards media in class of IV to improve student learning outcomes