Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Geometri

Main Authors: Hadi, Fida Rahmantika; FKIP UNIVERSITAS PGRI MADIUN, Rulviana, Vivi; FKIP UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Kanjuruhan Malang , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2200
http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2200/1686
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran e-learning berbasis edmodo dalam mata kuliah geometri pada mahasiswa semester 4 prodi PGSD Universitas PGRI Madiun. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen matematika dan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada mata kuliah Geometri membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan interaktif bagi mahasiswa serta membuat pembelajaran di kelas menjadi tidak membosankan. Selain itu, pembelajaran e-learning berbasis edmodo memiliki keuntungan diantaranya tidak memerlukan kelas formal dalam penerapannya. This research is a qualitative research that aims to analyze the learning process of e-learning based on edmodo in geometry course on the 4th semester student of PGSD Study Program of University PGRI Madiun. Subjects in this study were lecturers of mathematics and students. This research is a qualitative research. The data in this study were obtained from observation. Data analysis techniques used consist of data reduction, data presentation, and conclusions. The result of this research is the learning process of e-learning based on edmodo in the subject of Geometry to make the learning of mathematics more interesting and interactive for the students and make the learning in the class become not boring. In addition, edmodo-based e-learning learning has the advantage of not requiring a formal class in its application.