Implementasi Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Aturan Asosiasi Pada Data Transaksi Penjualan

Main Author: Daryanto, Daryanto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Kanjuruhan Malang , 2016
Online Access: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jst/article/view/1510
http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jst/article/view/1510/1180
Daftar Isi:
  • Abstrak: Banyaknya persaingan dunia bisnis penjualan palawija menuntut perencanaan strategi bisnis yang tepat, oleh karena itu diperlukan suatu strategi yang dapat meningkatkan penjualan dan pemasaran produk. Salah satunya dengan memanfaatkan data transaksi untuk menemukan pola berupa produk-produk yang sering dibeli bersamaan dalam satu transaksi. Metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah algoritma Apriori yang temasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Algoritma Apriori adalah teknik data mining untuk menemukan aturan assosiatif antara suatu kombinasi item. Diharapkan dengan algoritma Apriori akan diperoleh kombinasi produk-produk yang sering dibeli bersamaan di toko palawija, sehingga dapat ditentukan strategi pemasaran yang tepat.Kata Kunci : Data Mining, Aturan Asosiasi, Algoritma Apriori