PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WAGIR TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Fitriani, Eka Rizki, Hariani, Lilik Sri, Yudiono, Udik
Format: Article info Document eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Kanjuruhan Malang , 2016
Online Access: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1391
http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1391/1069
Daftar Isi:
  • Prestasi belajar merupakan hasil pengukuran terhadap peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dalam periode tertentu yang dapat di ukur dengan menggunakan insrumen yang relevan. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, ada yang dari dalam diri (internal) dan ada yang dari luar diri (eksternal). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar IPS Terpadu antara lain: Kebiasaan belajar, lingkungan keluarga serta interaksi sosial teman sebaya, dari ketiga aspek tersebut sangatlah penting untuk menentukan prestasi belajar mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh kebiasaan belajar, lingkungan keluarga, dan interaksi sosial teman sebaya secara bersama-sama (simultan) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Wagir. Jenis penelitian menggunakan penelitian ex-post-facto dengan menggunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wagir Kabupaten Malang, yaitu sebanyak 272 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 82 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan software SPSS versi 22.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunujukkan ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar, lingkungan keluarga dan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMPN 1 Wagir.