PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PERGAULAN TEMAN SEBAYA, DAN PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI GURU MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN GONDANGLEGI
Main Authors: | Astrini, Yeni, Mustofa, Aziz, Al Arsy, Auliana Farabanie |
---|---|
Format: | Article info Book eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Kanjuruhan Malang
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1343 http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1343/1024 |
Daftar Isi:
- Untuk meningkatkan prestasi belajar tentunya dibutuhkan dorongan dari dalam diri dan luar diri seseorang. Keberhasilan seorang tentu membutuhkan kemandirian, dorongan teman sebaya dan juga peranan dari guru untuk mewujudkan prestasi. Prestasi belajar mencerminkan hasil dari proses KBM pada semua pelajaran salah satunya mata pelajaran ekonomi yang harus dicapai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) kemandirian belajar (2) pegaulan teman sebaya (3) persepsi siswa tentang variasi guru mengajar, (4) prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN Gondanglegi.Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto, sehingga data-datanya diperoleh melalui kuesioner atau dokumen yang relevan dengan penelitian tersebut. Sampel terdiri dari 62 siswa kelas XI IPS, teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.00 for windows.Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa: (1)Ada pengaruh yang signifikan secara parsial kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN Gondanglegi. (2) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN Gondanglegi. (3) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial persepsi siswa tentang terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN Gondanglegi.(4) 4. Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara kemandirian belajar, pergaulan teman sebaya dan persepsi siswa tentang variasi guru mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN Gondanglegi. Hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 19.526 dengan tingkat signifikansi 0,000< 0,05, maka dapat dikatakan bahwa kemandirian belajar (X1), pergaulan teman sebaya(X2), dan persepsi siswa tentang variasi mengajar guru (X3) memiliki pengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN Gondanglegi (Y).