PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR SISWA, DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 02 WAGIR

Main Authors: Gibun, Patrisius Alfirno, Kustiani, Lilik, Afian, Affan
Format: Article info application/msword eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Kanjuruhan Malang , 2016
Online Access: http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1338
http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1338/1020
Daftar Isi:
  • Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah melalui pendidikan. Melalui pendidikan akan dapat dihasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing. Keberhasilan pendidikan tentunya tidak lepas dari proses belajar. Untuk meningkatkan prestasi belajar tentunya dibutuhkan peranan dari dalam diri dan luar diri seseorang. Keberhasilan seorang tentu membutuhkan peranan dari guru untuk mewujudkan prestasi. Dimana guru yang terampil akan menciptakan anak didik yang cerdas dan terampil pula. Prestasi belajar mencerminkan hasil dari proses KBM pada semua pelajaran IPS terpadu yang dicapai oleh siswa. Melalui hasil belajar yang didapat dari ulangan harian semester genap dapat diketahui sejauh mana keberhasilan proses KBM yang dilaksanakan. Prestasi belajar yang dicapai dijadikan dasar dalam melakukan evaluasi proses KBM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Fasilitas Belajar Di Sekolah (2) Motivasi Belajar Siswa (3)Kedisiplinan Belajar Siswa (4) Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP NEGERI 02 Wagir.Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto, sehingga data-datanya diperoleh melalui kuisioner atau dokumen yang relevan dengan penelitian tersebut. Sampel terdiri dari 60 siswa kelas VII, teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.00 for windows.Hasil pengujian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa, ada pengaruh yang signifikan Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, dan ada pengaruh secara bersama-sama/simultan ada pengaruh yang signifikan secarasimultan antara prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS terpadu kelas VII SMP NEGERI 02 Wagir. Dari ketiga variabel bebas tersebut semua mempengaruhi prestasi belajar siswa, namun yang paling menonjol dalam penelitian ini adalah Motivasi belajar siswa.