Strategi Produser Bens Radio pada Program “Betawi Ceplas Ceplos” dalam Upaya Melestarikan Budaya Betawi
Main Authors: | Fernanda, Sandy Arievio, Suryawati, Indah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Neolectura
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.neolectura.com/index.php/propaganda/article/view/256 https://journal.neolectura.com/index.php/propaganda/article/view/256/171 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi produser pada program Betawi Ceplas Ceplos dalam upayanya melestarikan budaya Betawi. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana strategi seorang produser pada program Betawi Ceplas Ceplos dalam upaya melestarikan budaya Betawi. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori kendali organisasi Phillip Tompkins, George Cheney dan rekan-rekan untuk mendapatkan data dari penelitian ini. Metode penelitian ini pendekatan deskriptif kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Subjek penelitiannya adalah produser, asisten produser, dan penyiar dalam mendapatkan data yang akurat pada program Betawi Ceplas Ceplos. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara secara mendalam serta observasi non-partisipan yang dilakukan kepada key informan, informan I, dan informan II. Data Lainnya juga diperoleh dari dokumentasi, informan, dan berbagai data sumber lainnya. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi yang dilakukan produser pada program Betawi Ceplas Ceplos di Bens Radio pada kendali sederhana semua komunikasi memakai bahasa Betawi, pada kendali teknis produser memasukkan kekhasan budaya Betawi di pemutaran lagu, jingle, dan insert, pada kendali birokratis semua kegiatan yang bersifat birokratis dan peraturan dibuat dengan bahasa Betawi, kendali konsertif menjadi bagian dari evaluasi produser terhadap program dan tim produksi. Produser selalu mengedepankan visi dan misi Bens Radio yang terus berupaya melestarikan budaya Betawi dalam program siarannya dari mulai pengemasan program, tema, isi konten, dan pemilihan penyiar yang dapat membawakan program Betawi Ceplas Ceplos dengan khas yang sangat Betawi sesuai dengan segmentasi audiens-nya.
- This study aims to determinate the producer’s strategy in the Betawi Ceplas Ceplos program in an effort to preserve Betawi culture. The aim of researcheris to find out how a producer strategy on the Betawi Ceplas Ceplos program is in an effort to preserve Betawi culture. The theory used by the researchers is organizational control theory Phillip Tompkins, George Cheney, and peers and data can be obtained from this research. This research method is a qualitative descriptive approach with a post-positivism paradigm. The research subjects are producer, assistant producer, and announcer in obtaining accurate data, and the objective of research is the radio generator producer strategy of the Betawi Ceplas Ceplos program in an effort to preserve Betawi Culture. Data collection was obtained through in-depth interviews and non-participant observation conducted on key informant, informants 1, and informans II. Other data is also obtained from documentation, informants, and various other data sources. The result of this study show that the strategy carried out by the producer of the Betawi Ceplas Ceplos program in control in simple language of all communications Betawi, to restraint technical producer admit to Betawi Culture in a song, jingle, and insert, to restraint bureaucratic all bureaucratic activities and regulations are made with the language of Betawi, and the consertive control be a part of big evaluations for the program and production team. Producer always prioritize the vision and mission of Bens Radio which continues to strive to preserve Betawi culture in its programs, starting from program packaging, theme, content, and selection of announcerwho can deliver Betawi Ceplas Ceplos in a very Betawi way according to audience segmentation.