Pengaruh Disiplin untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru pada Madrasah Nuurul Falaah Kota Bandung
Main Authors: | Kusnadi, Adji, Wilma Zuarko |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Neolectura
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.neolectura.com/index.php/judicious/article/view/358 https://journal.neolectura.com/index.php/judicious/article/view/358/253 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kedisiplinan dalam meningkatkan profesionalisme guru. Metode kualitatif dengan pendekatan eksperimen diterapkan dalam penelitian ini, hasil dari penelitian ini merupakan ringkasan ari interview peneliti kepada informan, ditemukan bahwa jumlah guru tidak dapat menampung banyaknya siswa membuat para guru sering terlambat. Ketidaksamaan tingkat profesionalitas guru juga menjadikan kedisiplinan menjadi kurang. Pembahasan dalam penelitian ini ditemukan beberapa poin (1)SDM yang berkualitas dan profesional masih kurang. (2)Minimnya booster atau peningkatan seperti seminar peningkatan kualitas guru. (3)Disiplin waktu yang masih disepelekan. (4)Munculnya generasi baru sebagai guru yang minim pengalaman. (5)Sumber dana atau penghasilan untuk guru yang kecil dan masih mengandalkan aghnia santri. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas guru di Madrasah Nuurul Falaah, adalah sebagai berikut: (1)Untuk mengatasi kualitas guru dengan cara melakukan pelatihan dan pendidikan secara informal melalui kegiatan seminar. (2)Sumber dana untuk meningkatkan semangat moral guru dalam mengajar.
- This study aims to analyze the discipline factor in improving teacher professionalism. Qualitative methods with an experimental approach were applied in this study, the results of this study are a summary of the researcher's interviews with informants, it was found that the number of teachers could not accommodate the number of students making the teachers often late. The disparity in the level of professionalism of teachers also makes discipline less. The discussion in this study found several points (1) qualified and professional human resources were still lacking. (2) The lack of boosters or improvements such as teacher quality improvement seminars. (3) Discipline of time that is still underestimated. (4) The emergence of a new generation as teachers with minimal experience. (5) Source of funds or income for teachers who are small and still rely on aghnia santri. The efforts made to improve the quality of teachers at Madrasah Nuurul Falaah are as follows: (1) To overcome the quality of teachers by conducting training and education informally through seminars. (2) Source of funds to increase the morale of teachers in teaching.