Identifikasi Budaya Menjemur Padi “MOE” di Lebak sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnofisika

Main Authors: Astuti, Irnin Agustina Dwi, Bhakti, Yoga Budi, Sumarni, Ria Asep
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Neolectura , 2021
Subjects:
Online Access: https://journal.neolectura.com/index.php/nucleus/article/view/409
https://journal.neolectura.com/index.php/nucleus/article/view/409/281
Daftar Isi:
  • Kearifan budaya lokal di daerah Lebak sangat beraneka ragam, namun sayangnya hal tersebut jarang dimanfaatkan oleh siswa dan guru untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu kebudayaan lokal di daerah Lebak adalah budaya menjemur padi (MOE). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi budaya menjemur padi (MOE) yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar fisika. Penelitian ini merupakan kajian literatur dengan analisis kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya menjemur padi (MOE) dapat dijadikan sebagai sumber belajar fisika yang dinamakan etnofisika. Proses menjemur padi (MOE) dapat dikaji secara fisika dalam materi gerak, kalor, dan usaha. Keberadaan budaya lokal dapat dimanfaatkan secara maksimal. Guru seharusnya memanfaatkan dan menggunakan kearifan budaya lokal yang ada di daerah untuk dibawa ke dalam pembelajaran fisika secara kontekstual sehingga siswa langsung belajar dari fenomena-fenomena dan keadaan yang ada di sekitar lingkungan. Etnofisika budaya menjemur padi di daerah lebak dapat dijadikan sebagai sumber belajar fisika.
  • The wisdom of local culture in the Lebak area is very diverse, but unfortunately, it is rarely used by students and teachers for use in learning in schools. One of the local cultures in the Lebak area is rice drying culture (MOE). This research aims to describe and identify rice drying culture (MOE) that can be used as a source of physics learning. This research is a literature review with descriptive qualitative analysis with data retrieval techniques through observation and interviews. The results showed that rice drying culture (MOE) could be used as a source of physics learning called ethnophysics. The process of drying rice (MOE) can be studied physically in motion, heat, and effort. The existence of local culture can be utilized to the maximum. Teachers should utilize and use the wisdom of local culture in the area to be brought into the learning of physics contextually so that students directly learn from the phenomena and circumstances around the environment. Ethnophysics culture of drying rice in the area can be used as a source of learning physics