MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT (HUSEMAS) DI SDN PENINGGILAN 02 KOTA TANGERANG
Main Authors: | Aulia, Nuzlah , Sari, Eliana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Neolectura
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.neolectura.com/index.php/intelektium/article/view/67 https://journal.neolectura.com/index.php/intelektium/article/view/67/44 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara sekolah dengan masyarakat (HUSEMAS) di SDN Peninggilan 02 Kota Tangerang, dengan sub fokus perencanaan program yaitu evaluasi dan evaluasi program. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan program hubungan sekolah dengan masyarakat dimulai sejak awal tahun ajaran. Perencanaan dirancang dengan melihat kondisi dan kebutuhan yang ada di sekolah dengan mempertimbangkan dana, waktu, prestasi siswa, dan keinginan wali siswa. Pihak-pihak yang terlibat dalam proses perencanaan program adalah semua warga sekolah seperti; Kepala Sekolah, Guru, Staf / Staf, dan Komite Sekolah. SDN Peninggilan 02 juga memiliki hubungan mitra kerja dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan (Puskesmas), Kemenpora, Lingkungan Hidup (LH), Polri. Namun hubungan antara sekolah dan lembaga ini bersifat insidental. (2) Evaluasi program hubungan sekolah dengan masyarakat di SDN Peniggilan 02 dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu evaluasi tahap persiapan, evaluasi tahap pelaksanaan dan evaluasi tahap akhir. Dalam proses evaluasi dirasa belum optimal karena masih terdapat kendala yang dihadapi selama evaluasi seperti kendala waktu. Proses evaluasi melibatkan seluruh warga sekolah. Tujuannya agar program-program yang telah dilaksanakan dapat diketahui kekurangan dan kelebihannya. Bentuk evaluasi ini dilakukan melalui pertemuan yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan penanggung jawab program dan hasil evaluasi tersebut diinformasikan kepada seluruh warga sekolah melalui media elektronik.
- This study aims to find out how the relationship between the school and the community (HUSEMAS) in SDN Peninggilan 02 Kota Tangerang, with the sub focus of the program planning for the evaluation and evaluation of the program. This research is a descriptive study with a qualitative approach. Data collection techniques using interviews, observations, and documentation studies. The results of this study indicate that: (1) The process of planning school relations programs with the community starts from the beginning of the school year. Planning is designed by looking at the conditions and needs that exist in the school by considering the funds, time, student achievement, and student guardian desires. The parties involved in the program planning process are all school residents such as; Principal, Teacher, Staff / Staff, and School Committee. SDN Peninggilan 02 also has a working partner relationship with the Office of Education, Health Office (Puskesmas), Kemenpora, Environment (LH), Police. But the relationship between the school and these agencies is incidental. (2) Evaluation of the school relations program with the community at SDN Peniggilan 02 is carried out in several stages, namely the evaluation of the preparation phase, evaluation of the implementation phase and final stage evaluation. In the evaluation process, it is felt that it is not optimal because there are still obstacles faced during evaluation such as time constraints. The evaluation process involves all school residents. The goal is that the programs that have been implemented can be known for their shortcomings and strengths. This form of evaluation is carried out through meetings conducted by the principal with the person in charge of the program and the results of the evaluation are informed to all school residents through electronic media.