Nilai Didaktis dalam Kumpulan Dongeng Jejak-Jejak Misterius

Main Authors: Priyono, Priyono, Sinurat, Junita Yosephine, Rosadi, Nicky
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Neolectura , 2021
Subjects:
Online Access: https://journal.neolectura.com/index.php/intelektium/article/view/189
https://journal.neolectura.com/index.php/intelektium/article/view/189/146
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was to determine the didactic value contained in a collection of fairy tales. The method used in this research is descriptive qualitative with content analysis techniques. The object of this research is the eight fairy tales contained in Jejak-Jejak Misterius tale collection. The findings from the results of this study are the didactic values contained in Jejak-Jejak Misterius tale collection, namely the values of initiative, discipline, criticality, diligence, social, attitude, and divine.
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nilai didaktis yang terdapat dalam kumpulan dongeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan dengan teknik analisis isi. Objek penelitian ini adalah delapan dongeng yang terdapat dalam Kumpulan Dongeng Jejak-Jejak Misterius. Temuan dari hasil penelitian ini adalah nilai didaktis yang terdapat dalam kumpulan dongeng Jejak-Jejak Misterius yaitu nilai inisiatif, disiplin, kritis, rajin dan tekun, sosial, moral, dan ketuhanan.