PENGARUH LEVERAGE, SIZE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, size dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan di perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 27 perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2018. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel leverage dan variabel size tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun variabel profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Nilai R square menunjukkan 68,4% nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh variabel leverage, size dan profitabilitas sedangkan sisanya 31,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian.