Daftar Isi:
  • Pemasaran adalah salah satu kegiatan utama yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan yaitu mempertahankan kelangsungan hidup untuk berkembang dan mendapatkan laba. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memaksimalkan laba dengan mernggunakan strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Praktek gigi (drg. Ruci Arum Astuti). Jenis atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Sampel penelitian ini merupakan pelanggan yang berkunjung ke Praktek gigi (drg. Ruci Arum Astuti . Dalam penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu insidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 60 responden. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan