Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Close Up Di Kabupaten Lumajang)
Daftar Isi:
- Pasta gigi adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Seiring dengan semakin sadarnya manusia dengan kesehatan gigi maka pasta gigi semakin banyak yang membutuhkan. Oleh karena itu banyak produk pasta gigi yang muncul dipasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh citra merek, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan sampel berjumlah 80 responden yakni pembeli pasta gigi Close Up di Kabupaten Lumajang. Data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli pasta gigi Close Up di Kabupaten Lumajang dengan jumlah 500 pembeli. Peneliti menggunakan simple random sampling untuk teknik pengambilan sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial citra merek dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pasta gigi di Lumajang, sedangkan kualitasproduk tidakberpengaruh terhadap keputusan pembelian di Lumajang. Secara simultan citra merek, kualitas produk, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi Close Up di Lumajang. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini adalah 0,577 menunjukkan bahwa kontribusi citra merek, kualitas produk, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 57,7%, sedangkan sisanya 42,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.