PENGARUH METODE SPEED READING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 145 PEKANBARU
Main Authors: | Firman, Desti Yolanda, Kurniaman, Otang , Witri, Gustimal |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://kpd.ejournal.unri.ac.id/index.php/kpd/article/view/7 https://kpd.ejournal.unri.ac.id/index.php/kpd/article/view/7/6 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh membaca pemahaman sebelum dan sesudah dengan menerapkan Metode Speed Reading. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen jenis desain One Grup Pretest-Postest Design, yaitu eksperimen yang dilakukan terhadap satu kelompok saja, tanpa ada pembanding. Penelitian ini dilakukan di SDN 145 Pekanbaru kelas V yang berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) sebesar 57,54 sedangkan rata-rata skor tes hasil belajar setelah perlakuan (posttest) sebesar 81,58 serta nilai rata-rata gain sebesar 0,61 yang merupakan interpretasi sedang, serta hasil uji hipotesis menggunkan uji-t dengan thitung = 13,89 dan ttabel =2,0374 maka disimpulkan thitung > ttabel , maka tolak H0 artinya signifikan. Ini berarti terdapat pengaruh keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 145 Pekanbaru antara sebelum (pretest) dan sesudah (postest) menerapkan Metode Speed Reading . Hal ini menunjukkan bahwa Metode Speed Reading berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 145 Pekanbaru.