Program Bimbingan untuk Meningkatkan Kecakapan Self Direction Mahasiswa
Main Author: | El Fiah, Rifda |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/2226 http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/2226/1794 |
Daftar Isi:
- This research leads to the formation of self-guidance and academic guidance counseling program by academic advisors in assisting students to develop self-directed skills so that they can learn and lecture on campus effectively, so that universities can produce high achieving and qualified graduates as well always able to develop itself in accordance with the demands of the profession, the change of society, and the dynamics of life. This study uses descriptive approach, which aims to explain a situation in a systematic or explaining a particular field that became the center of the researcher's attention in factual and thorough, namely the dimensions of self-direction skills that should be owned by students in order to undergo the process of lectures and effective learning on campus UIN Raden Intan Lampung. The respondents involved 20 lecturers and 130 students. The results of this study indicate that more than 50% of college students have low self-directed skills. Therefore, the lecturers are expected to have possess and master the guidance material, able to grow and develop students' self-confidence, able to communicate effectively and empathetically with the students, and always motivate the students, and develop positive, innovative and open attitude with the students.
- Penelitian ini bermuara pada terbentuk program bimbingan kecakapan pengarahan diri dan strategi bimbingan akademik yang dilakukan dosen penasehat akademik dalam membantu mahasiswa mengembangkan kecakapan pengarahan diri agar nantinya mereka dapat melakukan pembelajaran dan perkuliahan di kampus secara efektif, sehingga perguruan tinggi dapat menghasilkan lulusan yang berprestasi dan bermutu serta senantiasa dapat mengembangkan dirinya sesuai dengan tuntutan profesi, perubahan masyarakat, dan dinamika kehidupan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, yang bertujuan untuk menjelaskan suatu situasi secara sistematik atau menjelaskan bidang tertentu yang menjadi pusat perhatian peneliti secara faktual dan teliti, yaitu dimensi-dimensi kecakapan pengarahan diri yang perlu dimiliki mahasiswa agar dapat menjalani proses perkuliahan dan pembelajaran yang efektif di kampus UIN Raden Intan Lampung. Responden penelitian melibatkan 20 orang dosen dan 130 orang mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari 50 % mahasiswa masik memiliki kecakapan pengarahan diri yang rendah. Oleh sebab itu, dosen diharapkan memiliki memiliki dan menguasai materi bimbingan, mampu menumbuhkan dan mengembangkan rasa percaya diri mahasiswa, mampu melakukan komunikasi yang efektif dan penuh empati dengan mahasiswa, serta selalu memotivasi mahasiswa, dan mengembangkan sikap positif, inovatif dan terbuka dengan mahasiswa.