PENGARUH KOMPETENSI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI LEBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA PURWOKERTO

Main Authors: Annisa Fourkhani, Odi Jarodi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja , 2022
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jkh/article/view/55181
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jkh/article/view/55181/23854
Daftar Isi:
  • This article examines employee perceptions of work competence, employee perceptions of employee performance and the effect of competence on employee performance at the Class IIA Prison in Purwokerto. The theory used on the work competence variable in this study uses Gordon's theory (1994) which consists of 4 indicators, namely knowledge, understanding, skills and attitudes. Meanwhile, to measure employee performance, the theory of Peterson and Plowman (1953) & Na-Nan and Chalermthanakij (2012) is used which divides into 3 indicators, namely job quality, job quantity and job time. In this study used a quantitative approach with the population in this study were employees with samples taken using the Slovin formula which found 56 people. At the data analysis stage, SPPS 25.0 software was used with a significance level of 5%. Based on the results of the F test, it is found that work competence has a significant effect on employee performance with the regression equation Y= a+bX = 7.311 + 0.478X. seeing from the results of descriptive analysis that can be applied by employees to get results that are of good value and very good because they have good employee work competencies
  • Artikel ini meneliti tentang bagaimana persepsi pegawai terhadap kompetensi kerja, persepsi pegawai terhadap kinerja pegawai dan pengaruh kompetensi kerja terhadap kinerja pegawai pada Lapas Kelas IIA Purwokerto. Teori yang digunakan pada variabel kompetensi kerja dalam penelitian ini menggunakan Teori Gordon (1994) yang terdiri dari 4 indikator yaitu knowledge, understanding, skill dan attitude. Sedangkan untuk mengukur kinerja pegawai digunakan teori dari Peterson dan Plowman (1953) & Na- Nan dan Chalermthanakij (2012) yang membagi menjadi 3 indikator yaitu job quality, job quantity dan job time. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi dalam research ini adalah seluruh pegawai dengan sampel diambil menggunakan rumus slovin yang berjumlah 56 orang. Pada tahap analisis data digunakan software SPPS 25.0 dengan tingkat signifikansi senilai 5%. Berdasarkan hasil uji F diperoleh hasil bahwasannya kompetensi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai dengan persamaan regresi Y= a+bX = 7,311 + 0,478X. Melihat dari hasil analisis deskriptif yang dilaksanakan kinerja pegawai mendapatkan hasil berupa bernilai baik dan sangat baik karna memiliki kompetensi kerja pegawai yang baik.