ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP BPJS MANDIRI DI RUMAH SAKIT MARINIR CILANDAK

Main Author: DEWINTA, AYU MASITAFANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unugha.ac.id/751/1/13.pdf
http://repository.unugha.ac.id/751/
Daftar Isi:
  • Fasilitas kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang menjadi tanggung jawab pemerintah. Rumah sakit adalah salah satu fasilitas kesehatan yang dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang aman, bermutu, dan terjangkau karena hal ini berkaitan erat dengan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kualitas pelayanan, menganalisis faktor yang menjadi prioritas untuk diperbaiki dalam kualitas pelayanan, serta memberikan rekomendasi yang tepat dalam peningkatan kualitas pelayanan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengolahan dan analisis yang digunakan adalah analisis kesenjangan dan tabulasi silang. Hasil analisis kesenjangan terdapat atribut yang menjadi prioritas untuk diperbaiki dengan nilai kesenjangan terbesar. Hasil tabulasi silang menunjukan perlunya perbaikan pada keterampilan perawat dan pelayanan keseluruhan guna menumbuhkan rasa senang pada pasien. Kata kunci: analisis kesenjangan, kepuasan, kualitas pelayanan, tabulasi silang.