PERANCANGAN USER EXPERIENCE FRANCHISEE PADA SISTEM PENAWARAN WARALABA UMKM MENGGUNAKAN METODE THE WHEEL
Main Author: | WIDURI, WULANSARI PUTRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unugha.ac.id/682/1/2.pdf http://repository.unugha.ac.id/682/ |
Daftar Isi:
- Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi di Indonesia. Kelemahan mendasar UMKM adalah pada bidang pemasaran. Pemanfaatan teknologi dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini berfokus pada perancangan user experience (UX) menggunakan metode The Wheel dari Hartson-Pyla. Metode ini berupa siklus yang dimulai dari tahap analisis terhadap kebutuhan pengguna melalui kuesioner dan wawancara terstruktur. Tahap desain dilakukan dengan pembuatan persona, sketsa, skenario, storyboard, dan wireframes. Hasil desain diimplementasikan ke dalam bentuk prototipe low fidelity dan prototipe medium fidelity. Prototipe low fidelity dievaluasi menggunakan web usability guidelines dan menghasilkan total nilai pemenuhan guidelines sebesar 76%. Sementara itu, prototipe medium fidelity dievaluasi menggunakan teknik cognitive walkthrough. Pertanyaan walkthrough pertama, 'akankah pengguna mencoba untuk mencapai efek yang tepat?' menghasilkan success rate paling kecil yakni 84.80%. Hal tersebut dikarenakan pengguna belum akrab dengan fungsi dari aplikasi sejenis sehingga aplikasi butuh menyediakan banyak pilihan bantuan. Kata Kunci: investasi, pengalaman pengguna, the wheel, UMKM, waralaba.