PERANCANGAN USER EXPERIENCE PEBISNIS PADA SISTEM PEMASARAN WARALABA PRODUK UMKM MENGGUNAKAN METODE FIVE PLANES

Main Author: ZULKIFLI, ASDARIANTO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unugha.ac.id/642/1/39.pdf
http://repository.unugha.ac.id/642/
Daftar Isi:
  • Indonesia memiliki banyak UMKM yang memiliki produk yang diwaralabakan, namun di Indonesia belum banyak wadah untuk menjual waralaba tersebut secara online. Penelitian ini berfokus pada pengembangan user experience (UX) sistem pemasaran waralaba produk UMKM menggunakan metode five plane user experience elements. Pengembangan diawali dengan analisis kebutuhan pengguna dan tujuan bisnis stakeholder pada bagian strategy plane. Pada bagian scope plane, penentuan fitur dan spesifikasi fungsional dilakukan. Perancangan interaksi dan analisis task menggunakan hierarchical task analysis (HTA) dilakukan pada structure plane. Prototipe low fidelity dan medium fidelity dibuat pada bagian skeleton plane dan surface plane. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan 247 poin web usability guidelines dan usabillity testing dengan teknik task success. Total rata-rata nilai pemenuhan guidelines untuk medium fidelity adalah 79%, sedangkan hasil dari usabillity testing menghasilkan 8 task yang berhasil dilakukan dan 1 task yang tidak berhasil dilakukan. Kata kunci: pebisnis, pengalaman pengguna, waralaba, UKM