PERANCANGAN WEBSITE LAYANAN PERIZINAN PEMERINTAH MENGGUNAKAN LEAN UX

Main Author: J. ARNOLD, PARLINDUNGAN GULTOM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unugha.ac.id/641/1/38.pdf
http://repository.unugha.ac.id/641/
Daftar Isi:
  • Saat ini telah berkembang konsep e-government, yaitu konsep memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pada aktivitas pemerintahan, salah satunya adalah adalah pelayanan publik dengan menggunakan website untuk pengurusan perizinan. Salah satu elemen penting agar masyarakat dapat dengan mudah menggunakan website pelayanan publik adalah aspek user experience. Namun, masih banyak website pelayanan publik yang belum optimal karena belum memperhatikan aspek user experience. Penelitian ini bertujuan untuk merancang website layanan perizinan pemerintah yang sesuai dengan aspek user experience dengan menggunakan metode Lean UX yang terdiri dari declare assumptions, create an MVP, run an experiment, dan feedback and research. Perancangan antarmuka diimplementasikan berupa website dengan menggunakan HTML, CSS, dan JS. Rancangan website diuji dengan metode Thinking Aloud kepada 3 orang pengguna, yang menghasilkan 81.5% komentar positif sehingga disimpulkan bahwa rancangan website telah mencapai user experience yang baik. Kata kunci: antarmuka, e-government, pelayanan publik, user experience, website