OBSERVASI PENERIMAAN SOSIAL APLIKASI REALITAS TERTAMBAH BERBASIS LOKASI PERMAINAN DI RUANG TERBUKA
Main Author: | MUHAMMAD, AGUNG SUNDORO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unugha.ac.id/633/1/30.pdf http://repository.unugha.ac.id/633/ |
Daftar Isi:
- Aplikasi kolaboratif realitas tertambah disingkat AR (augmented reality) merupakan teknologi yang banyak diterapkan dalam berbagai bidang seperti edukasi, desain dan hiburan. Namun, dalam perkembangannya aplikasi ini juga memberikan dampak pada aspek penerimaan sosial. Untuk itu observasi perlu dilakukan sehingga tingkat penerimaan sosial di masyarakat dapat diamati. Di awali dengan menentukan masalah sosial melalui studi artikel kemudian dihasilkan skenario yang digunakan untuk meneliti bagaimana pengalaman yang dirasakan masyarakat akan masalah sosial yang terjadi. Terdapat dua pendekatan yang dilakukan yaitu penggunaan kuesioner dengan perbedaan semantik pada 30 responden dan diskusi wawancara dengan 10 responden. Penelitian ini membahas mengenai dua persepsi yaitu pengguna dan pengamat dengan pengukuran kuantitatif dan kualitatif untuk setiap skenario. Hasil dari penelitian ini kemudian akan memberikan wawasan terhadap penerimaan sosial aplikasi realitas tertambah dikalangan masyarakat di Indonesia. Kata kunci: Ilustrasi skenario, penerimaan sosial, realitas tertambah