Line Balancing Aggregate Line di PT. Mercedes-Benz Indonesia Divisi Assembly Commercial Vehicle Department tipe OH-1526
Main Author: | Bagaskara, Dwitya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unugha.ac.id/479/1/Line%20Balancing%20Aggregate%20Line%20di%20PT.%20Mercedes-Benz%20Indonesia%20Divisi%20Assembly%20Commercial%20Vehicle%20Department%20tipe%20OH-1526.pdf http://repository.unugha.ac.id/479/ |
Daftar Isi:
- Pembagian bobot kerja harus merata terhadap setiap stasiun kerja sehingga akan meningkatkan efisiensi lintasan, serta upaya peningkatan kapasitas produksi harus dilakukan jika memang waktu memungkinkan atau masih banyaknya jumlah idle time. Untuk mengetahui efisiensi lintasan yang optimal dalam rangka improvement ke depan maka dilakukannya analisa keseimbangan lintasan yang dapat dilakukan dengan metode analisa line balancing heuristic, yang meliputi metode Ranked Positional Weight (RPW), Largest Candidate Rule (LCR), dan Region Approach (RA). Hasil membuktikan bahwa metode Largest Candidate Rule pada kasus ini berdasarkan percobaan yang telah dilakukan memiliki efisiensi lintasan paling baik yaitu 96,03%, balance delay sebesar 3,97%, dan idle time sebesar 21,90 menit. Perbaikan tata letak stasiun kerja pada Aggregate line Station Department sebaiknya dilakukan agar mempersingkat jarak material handling, terutama bagi seluruh engine stations dengan Gear Box station.