ANALISIS KETERAMPILAN GEOMETRI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI SEGIEMPAT BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE
Main Author: | Abidatul, Muarifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unugha.ac.id/238/1/31.%204101412036.pdf http://repository.unugha.ac.id/238/ |
Daftar Isi:
- Muarifah, A. 2016. Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Segiempat Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Drs. Edy Soedjoko, M.Pd dan Pembimbing Pendamping Ardhi Prabowo, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Geometri, Segiempat, Tingkat berpikir van Hiele. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan geometri siswa dalam menyelesaikan soal geometri segiempat berdasarkan tingkat berpikir van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VII I SMP N 4 Kudus yang diberikan tes VHGT. Secara purposive sampling diperoleh 5 subjek penelitian, 2 subjek tingkat pre 0, 2 subjek tingkat 0, dan 1 subjek tingkat 1. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data penelitian adalah reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian yaitu: Siswa dengan tingkat berpikir geometri pre 0, tingkat 0, dan tingkat 1 memiliki keterampilan visual, verbal, menggambar, logika, dan terapan. Siswa tingkat pre 0 mengenal bangun segiempat dari bentuknya, belum dapat mendefinisikan bangun datar, belum mengetahui aturan melabeli bangun, belum mengetahui persamaan dan perbedaan segiempat, belum dapat menerapkan model geometri dan sifat-sifatnya dalam pemecahan masalah. Siswa dengan tingkat 0, mampu mengenal bangun segiempat dan sifatnya, mulai mendefinisikan bangun segiempat, mengetahui aturan melabeli suatu bangun, mengetahui persamaan dan perbedaan bangun, mulai menerapkan model geometri dan sifat-sifat bangun dalam pemecahan masalah. Siswa tingkat 1, mampu mengenal segiempat dari bentuk dan sifatnya dengan baik, dapat mendefinisikan bangun dengan bahasa sendiri, mengetahui aturan untuk melabeli bangun, mengetahui persamaan dan perbedaan bangun, dapat menerapkan model geometri dan sifat-sifatnya dalam pemecahan masalah.