PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BANGUN DATAR SEGI EMPAT PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 MANGGIS TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | NI LUH, PUTU SARIASIH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unugha.ac.id/118/1/SKRIPSI-JADI.pdf http://repository.unugha.ac.id/118/ |
Daftar Isi:
- Sariasih, Ni Luh Putu. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Datar Segi Empat pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 3 Manggis Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasarasawati Denpasar. Pembimbing: (1) Drs. I Wayan Suandhi, M.Pd., (2) Putu Suarniti Noviantari, S.Pd., M.Pd. Kata kunci:Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru matematika diperoleh keterangan bahwa prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Manggis masih kurang optimal. Data yang diperoleh pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 yaitu rata-rata nilai tes sumatif matematika siswa adalah 58,83 dengan Daya Serap (DS) sebesar 58,83% dan Ketuntasan Belajar (KB) mencapai 56,83%. Data tersebut menunjukkan bahwa masih ada siswa yang memiliki nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Berdasarkan hasil pengamatan selama kegiatan pembelajaran berlangsung di kelas terdapat permasalahan-permasalahan antara lain: (1) beberapa siswa tampak bosan mengikuti proses pembelajaran; (2) kegiatan pembelajaran mampu diikuti oleh siswa yang pintar-pintar saja; (3) kurangnya interaksi siswa dengan guru; (4) guru menerapkan transpormasi pengetahuan satu arah. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian agar dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran yang diduga tepat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bangun datar segi empat melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Manggis tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bangun datar segi empat melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Manggis tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Manggis tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 35 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah: (1) data aktivitas belajar siswa yang dikumpulkan dengan metode observasi; (2) data prestasi belajar siswa yang dikumpulkan dengan metode tes dan (3) data keterlaksanaan pembelajaran yang dikumpulkan dengan metode observasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan metode analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan sampai dua siklus. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar siswa (Ā) pada siklus