Video Youtube Online Review Sebagai Pendorong Purchase dan Ewom Intention

Main Authors: Rofianto, Whony, Pratama, Anugrah Raihan, Felecia, Annisa
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ibs.ac.id/3372/1/R2%20Fullpaper%20SNAP%20scan.pdf
http://repository.ibs.ac.id/3372/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan ekspansi atas penelitian terdahulu pada bahasan dampak electronic word of mouth (eWOM) terhadap niat membeli konsumen secara online dengan penambahan konstruk trust, affection, virtual interactivity dan eWOM intention. Penelitian ini menguji dampak sejumlah aspek informasi eWOM dan virtual interactivity terhadap online purchase intention dan eWOM intention. Video online review Youtube dipilih sebagai konteks penelitian sebagai salah satu contoh bentuk eWOM visual yang masih jarang diteliti. Sebanyak 84 data empiris dihimpun dari sampel responden pemirsa kanal Youtube GadgetIn melalui kuesioner daring. Analisis data dilakukan dengan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS. Hasil estimasi model struktural mengindikasikan bahwa information credibility terbukti berpengaruh positif terhadap online purchase intention, sementara tiga aspek informasi lainnya pada visual eWOM tidak terbukti pengaruhnya pada konteks penelitian ini. Sementara itu, virtual interactivity terbukti memiliki dampak positif berantai terhadap affection, trust hingga mendorong online purchase intention. Affection juga terbukti memiliki peran dalam meningkatkan eWOM intention pada konteks penelitian ini.