Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika

Main Authors: Kurniawan, Dydik, Wahyuningsih, Tri, Normala Sari, Desi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus , 2020
Subjects:
Online Access: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/article/view/7149
https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/article/view/7149/4251
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan power point terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA di Samarinda pada tahun akademik 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS pada tahun 2019/2020 tahun akademik yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 86 siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPS 1 berjumlah 27 siswa dan kelas XI IPS 2 berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan power point kelas XI SMA Negeri Samarinda pada tahun akademik 2019/2020 terhadap hasil belajar matematika. This study was conducted to determine the effect of the Think Pair Share (TPS) cooperative learning model using power points on the mathematics learning outcomes of class XI high school students in Samarinda in the 2019/2020 academic year. The population in this study were all students of class XI IPS in the 2019/2020 academic year consisting of 3 classes totaling 86 students, while the sample was 27 students in class XI IPS 1 and class XI IPS 2 with 30 students. Data collection was carried out by interview, observation and documentation. The data analysis technique used in this research is to use the formula for the normality test, homogeneity test and t-test. The results of this study are that there is a significant effect, the Think Pair Share (TPS) type of cooperative learning model uses power point class XI SMA Negeri Samarinda in the 2019/2020 academic year on mathematics learning outcomes.